Apa sih ‘Bahasa’ itu ???

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Menurut Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.
Lain halnya menurut Owen dalam Stiawan (2006:1), menjelaskan definisi bahasa yaitu language can be defined as a socially shared combinations of those symbols and rule governed combinations of those symbols (bahasa dapat didefenisikan sebagai kode yang diterima secara sosial atau sistem konvensional untuk menyampaikan konsep melalui kegunaan simbol-simbol yang dikehendaki dan kombinasi simbol-simbol yang diatur oleh ketentuan).
Pendapat di atas mirip dengan apa yang diungkapkan oleh Tarigan (1989:4), beliau memberikan dua definisi bahasa. Pertama, bahasa adalah suatu sistem yang sistematis, barang kali juga untuk sistem generatif. Kedua, bahasa adalah seperangkat lambang-lambang mana suka atau simbol-simbol arbitrer.
Menurut Santoso (1990:1), bahasa adalah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar.
Definisi lain, Bahasa adalah suatu bentuk dan bukan suatu keadaan (lenguage may be form and not matter) atau sesuatu sistem lambang bunyi yang arbitrer, atau juga suatu sistem dari sekian banyak sistem-sistem, suatu sistem dari suatu tatanan atau suatu tatanan dalam sistem-sistem. Pengertian tersebut dikemukakan oleh Mackey (1986:12).
Menurut Wibowo (2001:3), bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran.
Hampir senada dengan pendapat Wibowo, Walija (1996:4), mengungkapkan definisi bahasa ialah komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain.
Pendapat lainnya tentang definisi bahasa diungkapkan oleh Syamsuddin (1986:2), beliau memberi dua pengertian bahasa. Pertama, bahasa adalah alat yang dipakai untuk membentuk pikiran dan perasaan, keinginan dan perbuatan-perbuatan, alat yang dipakai untuk mempengaruhi dan dipengaruhi. Kedua, bahasa adalah tanda yang jelas dari kepribadian yang baik maupun yang buruk, tanda yang jelas dari keluarga dan bangsa, tanda yang jelas dari budi kemanusiaan.
Sementara Pengabean (1981:5), berpendapat bahwa bahasa adalah suatu sistem yang mengutarakan dan melaporkan apa yang terjadi pada sistem saraf.
Pendapat terakhir dari makalah singkat tentang bahasa ini diutarakan oleh Soejono (1983:01), bahasa adalah suatu sarana perhubungan rohani yang amat penting dalam hidup bersama.

Daftar Pustaka

Ambary, Abdullah. Intisari Tata Bahasa Indonesia. Bandung: Djatnika. 1986.
Guntur, Henry. Pengajaran Kompetensi Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa. 1989.
Mackey, W.F. Analisis Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional. 1986.
Santoso, Kusno Budi. Problematika Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa. 1990.
Smaradhipa, Galih. Bertutur dengan Tulisan diposting dari situs http://www.rayakultura.com. 12/05/2005 .
Soejono, Ag. Metode Khusus Bahasa Indonesia. Bandung: C.V. Ilmu1983.
Stiawan, Yasin. Perkembangan Bahasa diposting dari situs http://www.siaksoft.com. 16/01/2006. Tarigan,
Syamsuddin, A.R. Sanggar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta. 1986.
Pangabean, Maruli. Bahasa Pengaruh dan Peranannya. Jakarta: Gramedia. 1981.
Walija. 1996. Bahasa Indonesia dalam Perbincangan. Jakarta: IKIP Muhammadiyah Jakarta Press.
Wibowo, Wahyu. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia. 2001.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi bahasa menurut para ahli:

# BILL ADAMS
Bahasa adalah sebuah sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subjektif

# WITTGENSTEIN
Bahasa merupakan bentuk pemikiran yang dapat dipahami, berhubungan dengan realitas, dan memiliki bentuk dan struktur yang logis

# FERDINAND DE SAUSSURE
Bahasa adalah ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain

# PLATO
Bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut

# BLOCH & TRAGER
Bahasa adalah sebuah sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama.

# CARROL
Bahasa adalah sebuah sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang digunakan, atau yang dapat digunakan dalam komunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses-proses dalam lingkungan hidup manusia

# SUDARYONO
Bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.

# SAUSSURE
Bahasa adalah objek dari semiologi

# Mc. CARTHY
Bahasa adalah praktik yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan berpikir

# WILLIAM A. HAVILAND
Bahasa adalah suatu sistem bunyi yang jika digabungkan menurut aturan tertentu menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu

Bila dilihat dari beberapa definisi dan pengertian mengenai bahasa menurut beberapa ahli diatas, kita bisa melihat bahwa terdapat perbedaan definisi tentang bahasa dimana definisi dari setiap ahli tergantung dengan apa yang ingin ditekankan oleh setiap tersebut. Namun meskipun terdapat perbedaan, nampaknya disepakati bersama bahwa bahasa adalah alat komunikasi. Dan sebagai alat komunikasi , bahasa mempunyai fungsi-fungsi dan ragam-ragam tertentu.

(indahf/Carapedia)

Pencarian Terbaru (100)

Pengertian bahasa menurut para ahli. Definisi bahasa. Definisi bahasa menurut para ahli. Definisi bahasa indonesia menurut para ahli. Pengertian bahasa menurut beberapa ahli. Pengertian bahasa. Pengertian bahasa indonesia menurut para ahli.

Definisi bahasa indonesia. Pengertian bahasa menurut ahli bahasa. Pengertian bahasa sunda. Arti bahasa menurut para ahli. Ciri ciri bahasa menurut para ahli. Definisi bahasa menurut ahli bahasa. Definisi bahasa dari beberapa ahli.

Pengertian dan fungsi bahasa. Pengertian bahasa menurut pakar. Bahasa menurut para ahli. Fungsi bahasa menurut para ahli. Defenisi bahasa. Definisi berbicara. Definisi sastra menurut para ahli.

Bahasa menurut ahli. Pengertian sastra menurut para ahli. Pengertian bahasa menurut ahli. Defenisi bahasa menurut para ahli. Pengertian berbicara menurut para ahli. Pengertian lingkungan hidup menurut para ahli. Lingkungan hidup menurut para ahli.

Definisi berbicara menurut para ahli. Beda definisi dan pengertian. Definisi bahasa menurut beberapa ahli. Pengertian integrasi menurut para ahli. Pengertian berbicara. Maksud bahasa ilmu. Arti bahasa.

Kesehatan menurut para ahli. Pengertian menulis menurut para ahli bahasa. Devinisi bahasa. Ilmu pengetahuan bahasa. Pengertian bahasa menurut pakar bahasa. Definisi tentang bahasa. Definisi bahasa menurut ahli.

Pengertian ilmu bahasa. Konsep bahasa sebagai satu sistem. Pengertian bahasa menurut kbbi. Bahasa sebagai satu sistem. Pengertian fungsi bahasa. Pengertian menulis menurut para ahli. Pengertian integrasi sosial menurut para ahli.

Pengertian bahasa dari berbagai ahli. Fungsi dan pengertian bahasa. Konsep sarana komunikasi. Arti bahasa menurut ahli bahasa. Pengertian ilmu pengetahuan bahasa. Pengertian bahasa dari para pakar. Arti lingkungan hidup menurut para ahli.

Ciri ciri bahasa menurut pakar. Perbedaan definisi dan pengertian. Arti bahasa sebagai sarana komunikasi. Beberapa definisi tentang bahasa. Nama nama ahli lingkungan hidup indonesia. Pengertian lingkungan sosial menurut para ahli. Komunikasi yang baik menurut para ahli.

Pengertian bahasa menurut ferdinand de saussure. Definisi ilmu kesehatan masyarakat menurut para ahli. Beda defenisi dan pengertian. Pengertian lingkungan hidup menurut beberapa ahli. Sastra menurut para ahli. Defenisi bahasa menurut pakar bahasa. Definisi definisi bahasa menurut para ahli.

Pengertian gambar menurut beberapa ahli. Definisi bahasa indonesia adalah. Definisi lingkungan hidup menurut para ahli. Ciri ciri bahasa indonesia menurut para ahli. Arti fungsi dan ragam bahasa. Makalah perbedaan bahasa manusia dan bahasa binatang. Pengertian bahasa menurut beberapa pakar.

Fungsi bahasa indonesia menurut para ahli. Fungsi menurut 20 pakar ahli. Pengertian fungsi menurut para ahli. Ciri ciri bahasa menurut ahlinya. Komunikasi sosial menurut ahli. Ciri ciri bahasa menurut pakar bahasa. Ragam bahasa menurut ahli.

Pengertian tentang ilmu bahasa dari beberapaahli. Profase 1 meiosis. Ragam bahasa menurut para ahli. Arti bahasa fungsi dan ragam bahasa. Pengertian bahasa dari para ahli. Pengertian bahasa dan fungsi bahasa. Pengertian ragam bahasa oleh beberapa orang.

Pengertian sarana menurut ahli. Pengertian ragam bahasa menurut para ahli. Konsep dan takrif bahasa. Pengertian ilmu dan pengertian sosial menurut para ahli. Definisi bahasa dari ahli. Pengertian kesehatan masyarakat menurut beberapa ahli. Definisi definisi ilmu komunikasi menurut para ahli.

Pengertian bahasa menurut para ahli bahasa. Pengertian sarana komunikasi.

PENGERTIAN BAHASA MENURUT PARA AHLI

1. Menurut Kerafsm Arapradhipa 2005 :
Memberikan dua pengertian :
– Bahasa : Sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa symbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
– Bahasa : Sistem komunikasi yang mempergunakan symbol-simbol vokal.

2. Menurut Torigan (1989 : 4)
Beliau memberikan dua definisi bahasa :
– Bahasa adalah : Suatu sistem yang sistematis barangkali untuk sistem generatif.
– Bahasa adalah : Seperangkat lambang-lambang atau symbol-simbol orbiter.

3. Menurut Santoso (1990 : 1)
Bahasa adalah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar.

4. Menurut Wibowo (2009 : 3)
Bahasa adalah suatu sistem symbol bunyi yang bermakna yang berarti kualisi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbiter dan konfisional yang dipakai sebagai alat komunikasi oleh sekelompok orang untuk melahirkan perasaan dan pikiran.

5. Menurut Wibowo, Walija (1990 : 4) mengungkapkan :
Definisi bahasa adalah : komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud dan pendapat kepada orang lain.

6. Menurut Pengabean (1981 : 5) berpendapat :
Bahasa adalah suatu sistem yang mengutarakan dan melepaskan apa yang terjadi pada sistem saraf.

7. Menurut Soejono (1983 : 01)
Bahasa adalah suatu sarana perhubungan rohani yang penting dalam hidup bersama.

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s