Inkubator Bayi dari Spare Part Mobil

New York – Bila kreatif, nyawa jutaan bayi dapat terselamatkan. Sebuah tim yang berisi dokter, ahli kesehatan hingga pelaku industri baru-baru ini membuktikan diri dengan membuat sebuah inkubator bayi dari suku cadang kendaraan.

Inkubator yang diberi nama NeoNurture ini dibuat dengan berbagai spare part mobil dan diharapkan dapat secara signifikan mengurangi tingkat kematian bayi di negara berkembang.

Prinsipnya, berbagai suku cadang mobil seperti lampu dan berbagai spare part lain digunakan untuk mengatur sistem inkubator seperti panas dan aliran udara.

Model prototipe inkubator NeoNurture ini diinspirasi dari mobil Toyota 4Runner yang rusak dan tidak terpakai. Nah melihat itu para peneliti pun berpikir bagaimana suku cadang yang menempel di mobil rusak ini dapat kembali digunakan dan kembali berguna.

“Di musim panas 2007 beberapa orang mempereteli mobil ini,” ujar Timothy Prestero, chief executive Cambridge yang menjadi konsultan pembuatan alat ini seperti detikOto kutip dari The New York Times, Selasa (30/11/2010).

“Mereka memperetelinya hingga ribuan bagian sebelum mereka berpikir ada beberapa bagian yang berguna. Lampu untuk menyediakan panas, filter udara intake dan semacamnya, bisa digunakan tanpa perlu repot,” tambahnya.

Selain itu, dashboard dapat digunakan untuk sirkulasi inkubator, signal lights dan pengaman pintu untuk alarm. “Saya tidak tahu dimana Anda dapat mengganti filter inkubator di sebuah desa terpencil di Nepal. Tetapi Anda mungkin dapat menemukan seseorang yang bisa mengganti ait filter mobil. Di situlah ide ini benar-benar memiliki kebajikan,” pungkasnya.

sumber :http:// oto.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s