Pemanfaatan IPTEK Nuklir Untuk Memacu Kesejahteraan Nasional

Dalam rangka menyambut HUT Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang ke 52 sekaligus temu alumni Fakultas Teknik Nuklir Universitas Gajah Mada, diselenggarakan seminar sehari tentang pemanfaatan nuklir untuk memacu kesejahteraan nasional.

Seminar dengan judul “ Peran Serta Masyarakat Ilmiah Dan Praktisi Dalam Mendukung Pemanfaatan IPTEK Nuklir Untuk Memacu Kesejahteraan Nasional “ diadakan pada hari Selasa 30 Nopember 2010 di Graha Widya Bakti Puspiptek Serpong.

Berdasarkan peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional, serta blue print pengelolaan energi tahun 2005-2025 telah memasuki opsi nuklir sebagai bauran energi dimasa yang akan datang. Bila opsi PLTN diputuskan untuk dibangun di Indonesia, maka perlu dipikirkan sejak awal perencanaan tentang dukungan Sumber Daya Manusia dan sumber daya lain termasuk kesinambungan pasokan bahan baker serta pengelolaan limbah untuk PLTN serta sejalan dengan program pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Presiden tahun 2010-2014 mengenai litbang ketenaganukliran, Undang-undang No.17 tahun 2007 tentang RPJPN yang mengamanatkan penggunaan nuklir untuk listrik pada period eke-3 tahun 2015-2019, maka perlu disiapkan skema pengembangan dan pemanfaatan Iptek nuklir di Indonesia yang menjadi tanggung jawab BATAN.

Berdasarkan UU No.10/1997 salah satu tugas utama BATAN adalah melakukan penelitian dan pengembangan IPTEK nuklir untuk kepentingan damai guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Secara teknis kemampuan BATAN tidak diragukan lagi, tetapi sosialisasi tentang manfaat IPTEK nuklir di berbagai bidang khususnya PLTN belum sesuai dengan harapan masyarakat.

Masyarakat belum yakin akan manfaat nuklir dalam hidup dan kehidupqan manusia, untuk itu BATAN selaku pemegang mandat Litbang IPTEK nuklir harus mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia, antara lain tokoh masyarakat/agama, perguruan tinggi, masyarakat ilmiah, praktisi, industri,LSM dll secara bersama, terintegrasi dan sinergi bergerak mencapai satu tujuan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui jalur IPTEK nuklir. Sehubungan dengan hal tersebut maka terselenggaralah seminar ini.

Seminar menghadirkan penyaji makalah antara lain : Dr.Ir.Djarot Sulistio Wisnubroto (BATAN) dengan makalah “ Perkembangan Infrastruktur untuk mendukung program Energi Nuklir Indonesia “, Dr.Ir.Khoirul Huda (BAPETEN) dengan makalah “ Status Regulasi Untuk Mendukung Opsi PLTN “, Sutaryo Supadi MSc. (Masyarakat Peduli Energi dan Lingkungan) “ Prospek Pengembangan Energi Nuklir di Indonesia “, Ir.M.Ahsin Sidqi MM (PLN) “ PLTN Solusi Energi Untuk Negeri “, Ir.Budiman Tanurejo (KOMPAS) dengan “ Peran Serta Media Massa Dalam Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Terhadap Iptek Nuklir “, Dr.Ir.Sihana (UGM) “ Peran Serta Perguruan Tinggi Dalam Penguatan SDM PLTN “, Ir.M.Nukman Luthfie dengan

“ Soliditas Visi dan Misi “ dan Dr.Ir.Yudi Utomo Imarjoko.

Seminar dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Teknologi Daur Bahan Nuklir dan Rekayasa, Dr.Ir.Djarot Sulistio Wisnubroto dan dihadiri oleh masyarakat ilmiah dengan latar belakang tokoh masyarakat/agama, Media Massa, Perguruan Tinggi, BATAN,BAPETEN,PLN,LSM, Industri dan pemerhati Iptek Nuklir. (Humas Puspiptek)

by : puspitek.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s