Manusia dan Pandangan Hidup

 

Pandangan hidup artinya

Pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup didunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.

Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya. Akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :

  1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
  2. Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
  3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya

Cita-cita

Cita-cita adalah keinginan, harapan maupun tujuan merupakan apa yang mau diperoleh seseorang pada masa mendatang . pada umumnya cita-cita merupakan garis linier yang makin lama makin tinggi dengan kata lain : cita-cita merupaka keinginan, harapan dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya.

Kebijakan

Kebijakan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai agama dan etika.

Factor-faktor yang menentukan tingkah laku setiap orang ada tiga hal.

  1. Faktor pembawaan (Hereditas)

Pembawaan merupakan hal yang diturunkan pada waktu seseorang masuh dalam kandungan, dan hal tersebut yang mempusakai adlah orang tua.

  1. Faktor lingkunagn

Lingkungan yang  membentuk seseorang yang merupakan alam kedua setelah seorang anak lahir. Lingkungan membentuk jiwa seseorang meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

  1. Faktor Pengalaman

Pengalama yang telah diperoleh baik pengalaman pahit yang sifatnya negative, maupun pengalaman manis yang sifatnya positif, memberikan bekal pada manusia yang akan selalu dipergunakan sebagai pertimbangan  sebelum mengambil keputusan.

Usaha /Perjuangan

Usaha / Perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita. Setipa manusia harus kerja keras untuk kelanjutan hidupnya. Sebagian hidup manusia adalah usaha/perjuangan. Perjuangan hidup adalah kodrat manusia. Tanpa usaha /perjuangan manusia tidak dapat hidup sempurna.

Keyakinan dan kepercayaan

Keyakinan / kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan. Menurut Prof.Dr. Harun nasution, ada tiga aliran filsafat , yaitu :

  1. Aliran naturalisme

Hidup manusia itu dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi. Kekuatan gaib itu natur, dan itu dari Tuhan. Tetapi bagi yang tidak percaya pada Tuhan natur itulah yang tertinggi. Aliran naturalism berintikan spekulasi, mungkin ada Tuhan mungkin juga tidak ada Tuhan. Lalu mana yang benar? Yang benar adala keyakinan. Jika kita yakin Tuhan itu ada, maka kita katakana Tuhan itu ada,bagi yang tidak yakin, dikatakan Tuhan tidak ada yang ada hanya natur.

  1. Aliran Intelektualisme

Dasar aliran ini adalah logika/akal. Manusia mengutamakan akal. Dengan akal manusia berpikir. Mana yang benar menurut akal itulah yang baik, walaupun bertentangan dengan kekuatan hati nurani. Manusia yakin bahwa dengan kekuatan piker ( akal) kebajikan iutu dapat dicapai dengan sukses.

  1. Aliran gabungan

Dasar aliran ini ialah kekuatan gaib dan juga akal. Kekuatan gaib artinya kekuatan yang berasal dari Tuhan, percaya adanya Tuhan sebagai dasar keyakinan. Sedangkan akal adalah dasar dari kebudayaan, yang menentukan benar tidaknya sesuatu.

 

Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik :

  1. Mengenal
  2. Mengerti
  3. Menghayati
  4. Meyakini
  5. Mengabdi
  6. Mengamankan

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s