Analisis Pendapatan Nasional

Pendapatan Nasional atau bisa juga disebut sebagai Produksi Nasional adalah nilai yang menggambarkan dari kegiatan atau juga aktivitas ekonomi secara nasional pada periode tertentu.

Konsep dari Pendapatan Nasional adalah sebagai berikut :

1)      PDB (Produk Domestik Bruto)

Gross Domestic product disingkat GDP atau Produk Domestik Bruto adalah seluruh barang dan jasa yang dihasilkan seluruh warga masyarakat (termasuk warga asing) suatu negara dalam periode tertentu biasanya satu tahun.

2)      Produk Nasional Bruto (PNB)

Gross National Product disingkat GNP atau Produk Nasional Bruto adalah seluruh barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat suatu negara dalam suatu periode tertentu, biasanya dalam satu tahun, termasuk juga di dalamnya barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara tersebut yang berada bekerja di luar negeri. Barang dan jasa yang telah dihasilkan oleh warga negara asing yang bekerja didalam negeri tidak termasuk kedalam GNP.

GNP = GDP – (Produk Netto tehadap luar negeri)

3)      Produk Nasional Netto (PNN)

Net National Product disingkat NNP atau Produk Nasional Netto atau juga bisa disebut Produk Nasional Bersih adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat suatu negera dalam periode tertentu. Biasanya dalam satu tahun setelah dikurangi penyusutan atau depresiasi dan barang pengganti modal.

NNP = GNP – (Penyusutan + Barang Pengganti Modal)

4)      Pendapatan Nasional Netto (bersih)

Net National Income disingkat NNI atau Pendapatan Nasional Bersih adalah suatu nilai dari produk nasional bersih (Net National Net) dikurangi dengan pajak tidak langsung.

NNI = NNP – Pajak Tidak Langsung

5)      Pendapatan Perseorangan (PP)

Personal Income disingkat PI atau Pendapatan Perseorangan adalah jumlah dari seluruh penerimaan yang diterima oleh perseorangan sebagi balas dan jasa dalam proses produksi. Pendapatan Perseorangan ini juga dapat disebut Pendapatan Kotor.

Beberapa konsep yang telah digunakan dalam pengukuran pendapatan nasional adalah :

1)      Produk Domestik Bruto (PDB)

2)      Produk Nasional Bruto (PNB)

3)      Produk Nasional Netto (PNN)

4)      Pendapatan Nasional Netto (bersih)

5)      Pendapatan Perseorangan

Meningkatnya pendapatan nasional diharapkan bisa memperbaiki taraf hidup warga masyarakat, serta mengendalikan tingkat pengangguran agar tidak melonjak naik. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbesar investasi negara, yang berdasar pada perluasan lapangan kerja. Distribusi pendapatan juga harus dilakukan secara tepat agar merata dan tidak terjadi kesenjangan.

Sumber :

http://syafaahrestuninghayati.blogspot.com/2009/03/analisis-tingkat-pertumbuhan-pendapatan.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s