RESENSI

Kehidupan Remaja dengan egonya Masing-masing

 

Judul Buku           :  Addicted 2 U

Pengarang             : – Asma Nadia

– Asa mulhias

– Denny Prabowo Dkk

Penerbit               :  PT Lingkar Pena Kreativa

Terbitan Pertama :  Depok, Maret 2005

Tebal Buku           :  224 halaman

 

 

 

Buku kumpulan cerpen addicted 2 U ini merupakan buku kumpulan cerpen yang diluncurkan demi membantu teman-teman yang terkena musibah tsunami 2004 lalu di Aceh, melalui penjualan cerpen ini. Cerpen- cerpen dalam buku ini tergolong menarik. Tema utama yang digunakan Asma Nadia, Asa Mulchias dan Denny Prabowo dalam cerpen – cerpen ini berkisar mengenai permasalahan anak muda, jatuh cinta, pengorbanan, bahkan sampai pada penyesalan seorang remaja.

Pada cerpen ini “Cintaku Pada Si Cantik” Asma Nadia mencoba mengisahkan kehidupan remaja yang menjaga cinta pada pandangan pertama, dari remaja itu duduk di bangku SD hingga kebangku kuliah. Cinta itu tak pernah lekang dimakan zaman.

Dalam cerpen “ Naksir “ tokoh Jejen digambarkan dengan sosok pemuda dengan gaya nya yang ARALE (Amburadul Ajegile) yang tiba – tiba jatuh cinta dengan sosok wanita muslimah yang bernama Siti. Karena jatuh cinta nya itu Jejen nekat mendekati Siti, walaupun akhirnya dia harus merubah penampilannya.

Akhirnya Jejen pun mengubah penampilan. Ia berubah hingga 1800 dari biasanya, bahkan dia rela mengikuti segala aktifitas yang dijalani Siti. Semua itu dilakukan hanya untuk mengambil perhatian dari Siti.

Selain menggunakan tema percintaan anak remaja dalam cerpen-cerpennya, Asma Nadia dan kawan-kawanpun menggunakan kata-kata yang cendurung bebas, apa adanya dan sederhana .

Melalui  cerpen “Elegi dihati Rayya” seorang penulis Denny Prabowo menceritakan tentang seorang anak perempuan yang bernama Rayya. Dicerita itu diceritakan tentang keegoisan Rayya, yang tidak mendengarkan kata-kata ibu dan kakak nya. Dan pada akhirnya penyesalan yang sangat mendalam datang menghampirinya.

Dalam cerpen ini Denny Prabowo mengungkapkan betapa pentingnya pendapat dari orang tua (keluarga) dan jangan menganggap remeh kata-kata mereka. Serta penyesalan yang sangat mendalam atas tindakan yang diakibatkan oleh keegoisan diri sendiri.

Secara keseluruhan, cerpen – cerpen yang ada dalam buku ini menggunakan karakter tokoh yang kuat dan alur ceritanya yang mempesona, sehingga cukup sulit ditebak akhir ceritanya, Sebelum benar-benar membaca hingga tuntas cerita – cerita tersebut.

Akan tetapi, dari ke-3 cerpen yang telah di baca hanya satu yang dapat dicontoh oleh semua kalangan yaitu cerpen yang berjudul “Elegi di hati Rayya”, karena cerpen itu mengungkapkan bagaiman seorang anak harus patuh dengan apa yang dikatakan oleh ibu dan kakaknya. Dan jangan mementingkan keegoisan semata. Dan dua cerpen lainnya hanya menceritakan, cerita yang sama yaitu percintaan seorang remaja, dan kedua cerpen ini hanya bisa dibaca oleh kalangan remaja atau ABG +17 tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s