Supply Chain Management PT. Biskuit Super Enak

Keterangan dari SCM PT. Biskuit Super Enak :

Pemasok bahan mentah seperti gandum, tebu, air kelapa, lemak nabati, susu sapi, alumunium, plastik  dan besi di olah oleh masing-masing pabrik menjadi bahan baku jadi. Bahan baku jadi yang telah diproses oleh pabrik dan distributor akan di supply kepada PT. Biskuit Super Enak. Pembuatan biskuit ini meliputi proses uji kelayakan dari masing-masing bahan untuk mendapatkan kualitas biskuit yang baik. Komposisi dari biskuit ini adalah tepung terigu, gula, garam, susu, keju, telur, soda kue, minyak nabati, dan margarine. Lalu bahan jadi tersebut diolah menjadi biskuit. Biskuit dikemas oleh plastik, trakhir dibungkus dalam kemasan kaleng. Proses pengemasan produk di lakukan secara teliti agar biskuit tersebut steril untuk dikonsumsi oleh konsumen.

Biskuit yang telah jadi siap di kirim kepada distributor lokal dan distributor internasional. Distributor lokal menyalurkan biskuit ke supermarket, grosir, pasar tradisional, dan pedagang eceran. Distributor internasional menyalurkan biskuit ke supermarket (luar negeri). Lalu produk yang telah disalurkan oleh distributor bisa di nikmati (konsumsi) oleh konsumen di supermarket dan lain-lain.

SEVERAL CRITICAL QUESTIONS
• Where do you source your materials?

* Semua material di dapatkan dari para distributor dan pabrik yang memproduksi bahan-bahan untuk membuat biskuit.
• Where do you process or convert them?

* Semua material yang dibutuhkan dikirim ke PT Super Enak untuk melakukan produksi biskuit.
• What channels of distribution do you use

* Saluran distribusi yang digunakan adalah dari penghasil barang barang mentah menjadi barang setengah jadi, kemudian diproses menjadi barang jadi yang siap untuk di pasarkan.
• How do you build a strong relationship with your suppliers and
customers?

* Menjaga hubungan kerjasama tentu tidak mudah, masing-masing harus menjaga keprofesionalan dalam kerjasama, seperti menjaga kualitas bahan, sertaketepatan waktu dalam mengirim bahan-bahan pembuat biskuit. selama kerjasama yang dilakukan dengan solid dan saling menguntungkan antara satu dengan yang lainnya, tentu kerjasama akan terus berlanjut dengan baik. Sedangkan hubungan dengan pelanggan cara menjaganya yaitu dengan cara membuat iklan sebagai perkenalan produk serta menjaga kualitas biskuit dan harga yang stabil.
• How do you get direct information from your end-consumers?

Informasi langsung bisa didapat dari para customer dari telepon layanan konsumen dan media internet.
• What logistics structure should you impose?

* Jika kebutuhan logistik tidak dapat terpenuhi, maka perusahaan akan mencari prosusen bahan baku lain yang bisa memenuhi kebutuhan bahan baku biskuit.
• How do you coordinate your information flows and systems
globally?
• And how do you set up incentive systems for all of your
partners in the supply chain to optimize overall performance?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s