Fitur pada antar muka telematika

               Antarmuka pengguna (bahasa Inggris: user interface) merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.
Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).

Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.

Graphical User Interface(GUI).
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device). Pengguna komputer yang awam seringkali menilai sebuah sistem operasi dari GUI-nya. Sebuah sistem operasi dianggap bagus jika tampilan luarnya (GUI-nya) bagus. Padahal, seperti telah dijelaskan sebelumnya, komponen sistem operasi tidak hanya GUI, sehingga penilaian terhadap sebuah sistem operasi tidak bisa hanya dari satu komponen saja. Karena GUI adalah kesan pertama pengguna dengan sistem operasi itu, setiap pengembang sistem operasi berlomba-lomba mengembangkan GUI-nya dengan keunggulannya masing-masing.

Fitur pada antar muka telematika

Fitur antarmuka pada telematika dapat meliputi banyak hal. Tetapi pad akesempatan kali ini yang akan saya bahas antara lain adalah Video Conference dan GIMP. GIMP merupakan software opensource yang dikembangkan dari Adobe PhotoShop yang bekerja dibawah platform Linux. Tools dan Fitur pada GIMP juga menyerupai Adobe, tetapi GIMP terkesan dibuat asal jadi oleh pengembangnya. Contohnya setiap bagian di GIMP terpisah dan membuka window baru. Ini cukup merepotkan bagi para editing daripada Software – Software serupa lainnya. Selanjutnya Fitur antarmuka pada telematika adalah Video Conference. Video Conference adalah Kita dapat berkomunikasi secara audio dan visual secara real time. Video Conference sendiri dikembangkan pada Platform Integrated Switch Digital Network atau disingkat ISDN.

Elemen – Elemen yang mendukung Video Conference antara lain :

– Terminal video conference atau endpoint video conference, adalah perangkat yang
digunakan oleh pengguna video conference itu sendiri.
– MCU (Multipoint Conference Unit), adalah semacam server yang berfungsi sebagai
pengendali yang melibatkan banyak pengguna dan banyak sesi konferensi atau dalam
bahasa sehari hari pengguna bisa berkomunikasi dengan banyak orang
(multi conference).
– Gateway dan gatekeeper adalah media yang melakukan proses adaptasi komunikasi
video conference berbasis ISDN ke IP dan sebaliknya.

Jenis Jenis Video Conference antara lain :

1.Real Time Colaboration Multiparty Conferencing, merupakan sarana
hubungan konferensi yang seketika dengan resolusi yang baik dan
interaktif.
2. Active Participation Users, hubungan yang terjadi diantara pemakai
dengan jaringan komputer atau basis data, merupakan konferensi yang
seketika dengan resolusi yang baik dan interaktif.
3. Passive Participation Users, keikutsertaan pemakai bersifat pasif dan
memerlukan hubungan yang seketika dan interaktif.

Tujuan sebuah user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat termudah setelah gesture yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya.

Meski pada umumnya panduan user interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen user interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.

sumber : http://chocobiechan.wordpress.com/2011/06/23/fitur-pada-antar-muka-telematika/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s